Bagus Properti - Penting! Agar pengajuan KPR anda disetujui oleh bank, sebaiknya baca artikel berjudul "Persyaratan KPR Agar Disetujui Oleh Bank, Dijamin Lolos!". Sehingga waktu, tenaga, dan uang booking anda tidak akan terbuang sia-sia ketika pengajuan KPR karena prosentase disetujui Bank sangat Tinggi.

Persyaratan KPR Dokumen Apa Saja Yang Harus Disiapkan

Persyaratan KPR Agar Disetujui Oleh Bank

Anda cukup memperhatikan 2 hal jika menginginkan pengajuan KPR bisa disetujui oleh Bank. JIka salah satu atau dua hal ini di abaikan, maka kemungkinan pengajuan KPR anda untuk disetujui sangat kecil atau bisa jadi malah tidak akan disetujui.

1. Syarat BI Checking

Bank akan melakukan pengecekan karakter Anda di BI checking. Tujuannya memastikan bahwa Anda memiliki catatan kredit yang baik dan bersih.

Dalam BI checking tercatat semua pinjaman yang pernah Anda ambil di perbankan dan lembaga keuangan. Di dalamnya ada catatan penting soal ketaatan Anda dalam membayar cicilan kredit.

Yang pasti, bank cukup ketat dalam melihat hasil BI checking. Jika pernah menunggak, kemungkinan besar bank akan menolak permohonan pinjaman Anda.

Oleh karena itu, sebelum mengajukan kredit KPR, pastikan catatan kredit Anda bersih. Jika merasa punya tunggakan atau pernah tidak membayar, sebaiknya tunda dulu pengajuan KPR nya karena bisa dipastikan anda tidak akan di acc / di setujui.

Untuk mengetahui status di BI checking, Anda bisa mengajukan pengecekan informasi debitur ke OJK atau Bank Indonesia (BI) sebagai pihak yang menyimpan semua data – data debitur di Indonesia.

Cukup siapkan KTP dan datang ke kantor OJK. OJK akan memberikan hasil pengecekan informasi debitur kepada Anda.

2. Syarat Dokumen

Setelah dipastikan catatan BI Checking anda bagus, langkah berikut nya adalah dokumen kelengkapan berkas. Patikan anda bisa menyiapkan dokumen sesuai yang di syaratkan oleh Bank. Jika ada kendala, segera hubungi marketing! Karena Marketing pasti bisa membantu untuk masalah kelengkapan berkas.

Berikut ini ada beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk pengajuan KPR di Bank. Sekali lagi, jika ada kendala, segera hubungi marketing agar dibantu untuk solusi nya.

Dokumen Data Diri
1. KTP suami istri
2. Kartu Keluarga
3. Buku Nikah
4. NPWP Pemohon
5. Surat Domisili (jika tempat tinggal tidak sesuai KTP)
6. Pas Photo suami istri 3x4 (3lemabr)
- Semua dokumen diatas di foto copy masing-masing 3 Lembar
- Jika berstatus masih lajang, cukup melampirkan dokumen pribadi saja

Dokomunent Pekerjaan (jika karyawan)
1. Surat Keterangan Aktif Kerja
2. Fotocopy Surat Pengangkatan Karyawan Tetap
3. Fotocopy SPT-21
4. Slip Gaji 3bln terakhir
5. Rekening Koran 3bln terakhir

Dkomunent Pekerjaan (jika usaha)
1. Surat Keterangan Usaha (dari kantor desa)
2. Neraca Perdagangan
3. Foto Tempat usaha (Tampak depan, samping kanan kiri, dan tampak dalam)

Form Wawancara
Untuk form wawancara, nanti sudah disediakan oleh bagian marketing, tinggal ikutin intruksi cara mengisi form wawancara saja dari marketing.

Form Aplikasi KPR
Untuk form aplikasi KPR juga sudah di sediakan oleh marketing, tinggal ikutin saja intruksi cara mengisi form aplikasi KPR

Form FLPP
Form ini hanya untuk rumah subsidi saja, jadi untuk yang non subsidi tidak perlu mengisi form FLPP. Mungkin ada yang belum tau apa itu form FLPP? Bagus Properti kasih penjelasan singkat saja ya... FLPP merupakan singkatan dari Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan. FLPP merupakan program besutan pemerintah untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah supaya bisa mengakses kredit kepemilikan rumah (KPR). Program ini dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Silahkan ikutin intruksi dari marketing bagaimana cara mengisi form FLPP nya.

Demikian informasi Persyaratan KPR / Dokumen Apa Saja Yang Harus Disiapkan yang sudah bagus properti sampaikan, semoga bermanfaat.

NB: Untuk simulasi KPR agar anda bisa mengetahui perkiraan angasuran dengan variasi uang muka dan bunga yang berbeda, silahkan buka halaman: Simulasi KPR

Siap hunting rumah subsidi? Bagus Properti banyak list rumah murah di cikarang loh... cek di homepage ya...
Punya masalah dengan pengajuan rumah?? (proses lama, status gak jelas acc/reject, sudah acc tapi gak bisa akad, dll) Silahkan chat via wa: