Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Menggunakan Aplikasi Sikasep Rumah Subsidi FLPP

Sahabat Bagus Properti yang saya hormati, baru baru ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU PPDPP) telah merilis aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep).

Tujuan dari di rilis nya aplikasi SIKASEP adalah agar kinerja PPDPP dalam menyalurkan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) lebih baik lagi sehingga bisa bisa mempermudah masyarakat dalam mencari dan memilih rumah subsidi secara lebih cepat, tepat, dan akuntabel.

Selain itu, dengan hadir nya aplikasi sikasep diharapkan bisa melindungi konsumen dari pengembang / developer yang tidak bertanggung jawab.

Banyak diantara konsumen yang kesulitan bagaimana cara menggunakan aplikasi sikasep. Maka dari itu, bagus properti berinisiatif membuat postingan
cara / panduan menggunakan aplikasi sikasep.

Panduan / Cara menggunakan aplikasi sikasep


  1. Buka Playstore HP android
  2. Cari aplikasi sikasep
  3. Install aplikasi sikasep
  4. Daftar melalui aplikasi
  5. Klik lanjut
  6. Unggah foto anda
  7. Menentukan lokasi rumah
  8. Cari informasi rumah
  9. Memilih Bank penyalur kredit
  10. Cek status pengajuan melalui aplikasi sikasep

Panduan Menggunakan Aplikasi Sikasep untuk Mencari Rumah Bersubsidi

Aplikasi yang diluncurkan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) ini dapat download gratis di Playstore hape android anda. Setelah di instal di hape anda, silahkan ikuti langkah-langkah panduan menggunakan aplikasi sikasep berikut ini:

Mendaftar Aplikasi Sikasep

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftar dulu dengan mengisi data diri sesuai KTP. Data diri yang harus diisi diantaranya adalah NIK, NPWP, dan jumlah penghasilan per bulan. Setelah di isi semuanya, lanjut dengan klik check box persetujuan.

Klik Lanjut

Setelah data diri dan boks persetujuan telah diisi, saatnya klik lanjut. Perlu anda ketahui, semua data diri yang anda input akan secara otomatis tersimpan di database PPDPP.

Unggah Foto

Unggah foto diri memegang KTP asli serta foto KTP asli sebelum Anda bisa masuk ke SiKasep. Foto diri yang Anda unggah nantinya menjadi foto profil aplikasi sikasep. Jika ingin mengecek ulang apakah data yang dimasukkan sudah benar, silahkan klik foto profil anda.

Menentukan Lokasi Rumah Idaman

Silahkan memilih list rumah yang ada di aplikasi dengan cara Klik menu ”Lokasi Rumah Idaman Anda”.  Setelah itu, klik menu “Perumahan Sekitar Rumah Idaman” untuk melihat sebaran lokasi rumah bersubsidi di lokasi yang Anda inginkan di menu sebelumnya.

Cari Informasi Mengenai Perumahan

Pilih menu “Lihat” pada tabel daftar perumahan untuk mendapatkan informasi mengenai nama pengembang, nama perumahan, alamat, dan jumlah unit rumah terjual. Informasi ini dimaksutkan agar bisa menjadi pertimbangan anda sebelum menentukan rumah yang dipilih.

Memilih Bank Penyalur FLPP di Aplikasi SiKasep

Masuk ke menu “Pilih Bank KPR FLPP” untuk memilih bank pelakssana FLPP sebagai penyalur KPR Anda. Silahkan konsultasikan ke marketing untuk pilihan Bank nya. Karena beberapa pengembang hanya bekerja sama dengan Bank tertentu saja.

Cek status Pengajuan KPR Lewat Aplikasi SiKasep

Klik pilihan “Cek Status Pengajuan KPR” untuk memantau proses pengajuan KPR Anda. Setiap nomor tahapan akan berubah menjadi hijau menandakan di tahap mana proses Anda berada.

Setelah semua tahapan sudah terlewati di dinyatakan lolos, tahapan berikut nya yang harus anda lakukan ada menunggu informasi jadwal akad kredit.

Artikel selanjutnya bagus properti akan mengulas soal keluhan konsumen rumah subsidi dikarenakan proses pengajuan KPR yang terlalu lama. Silahkan baca Proses Pengajuan KPR Rumah Subsidi Sangat Lama? Ini Sebabnya!

Marketing: W. Bagus

HP / WA: 081906688244

Form Pertanyaan
X


Berikut ini beberapa persyaratan yang harus anda siapkan jika akan mengajukan KPR Rumah. Jika ada kendala, silahkan hubungi marketing diatas.

Persyaratan KPR

  1. Pas Photo 3x4
  2. Fc KTP Pemohon (single)
  3. Fc KTP Pasangan (menikah)
  4. Fc Buku Nikah (menikah)
  5. Fc Kartu Keluarga
  6. Fc BPJS Kesehatan
  7. Surat Keterangan Aktif Kerja
  8. Slip Gaji 3Bln Terakhir
  9. Rek. Koran 3 Bln Terakhir
  10. SPT-21